Apa Itu Pendapatan per Kapita: Definisi, Fungsi, dan Rumusnya

JAKARTA, – Pendapatan per kapita adalah istilah yang barangkali sudah tidak asing. Biasanya, istilah pendapatan per kapita berkaitan dengan perekonomian di sebuah negara. Lalu, apa itu pendapatan per kapita?

Pengertian pendapatan per kapita

Dikutip dari Investopedia, pendapatan per kapita adalah ukuran jumlah uang yang diperoleh per orang di suatu negara atau wilayah geografis.

Umumnya, pendapatan per kapita adalah digunakan untuk menentukan pendapatan rata-rata per orang di suatu daerah dan untuk mengevaluasi standar hidup dan kualitas hidup penduduk.

Pendapatan per kapita suatu negara dihitung dengan membagi pendapatan nasional negara tersebut dengan jumlah penduduknya.

Pertamina Patra Niaga Salurkan Bahan Bakar untuk Kapal Besar di Selat Malaka

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendapatan per kapita adalah pendapatan nasional yang dibagi dengan jumlah penduduk. Dalam arti lain, pendapatan per kapita adalah besarnya suatu pendapatan rata-rata semua penduduk di suatu negara tersebut.

Sementara, dikutip dari Gramedia.com, pendapatan per kapita adalah hitungan pendapatan jumlah penduduk yang ada di negara tersebut, yang dimana pendapatan per kapita merupakan hasil pendapatan nasional negara.

Pendapatan per kapita pada negara dapat meningkat apabila pendapatan rata-rata pada penduduk negara tersebut naik atau tinggi.

Jadi pendapatan per kapita adalah salah satu cara dalam membangun perekonomian suatu negara. Selain itu, pendapatan perkapita adalah digunakan suatu ukuran dalam melihat keadaan kesejahteraan masyarakat di suatu negara.

Apakah Uang Korban Indra Kenz dan Doni Salmanan Bisa Kembali? Ini Kata Kabareskrim

Fungsi penghitungan pendapatan per kapita

Penghitungan pendapatan perkapita adalah terjadi setahun sekali. Adapun fungsi dari penghitungan pendapatan perkapita adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui perkembangan suatu negara

Source :
money.kompas.com