Apa Itu Startup Unicorn: Definisi, Contoh, dan Bedanya dengan Decacorn

Apa Itu Startup Unicorn: Definisi, Contoh, dan Bedanya dengan Decacorn

JAKARTA, – Unicorn atau startup unicorn adalah istilah yang barangkali sudah tidak asing lagi. Namun, sebagian orang masih ada yang belum mengetahui tentang apa itu unicorn.

Unicorn adalah istilah atau gelar yang disematkan kepada perusahaan atau startup yang memiliki nilai valuasi mencapai 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14 triliun. Valuasi adalah nilai ekonomi sebuah perusahaan. Biasanya, angka valuasi ini dijadikan acuan untuk mengukur potensi bisnis perusahaan.

Pengertian unicorn

Dikutip dari laman Investopedia, unicorn atau startup unicorn adalah istilah yang digunakan dalam industri modal ventura untuk menggambarkan perusahaan rintisan swasta dengan nilai valuasi lebih dari 1 miliar dollar AS.

Bermula dari Modal Kecil, Republik Lele Berhasil Jalankan Bisnis yang Bisa Gerakkan Ekonomi Lokal

Istilah unicoran adalah pertama kali dipopulerkan oleh Aileen Lee, seorang investor perusahaan startup sekaligus pendiri Cowboy Ventures yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Awal munculnya penamaan unicorn adalah dalam artikel berjudul “Welcome to The Unicorn Club” yang ditulis Aileen Lee. Artikel ini terbit di Techcrunch pada November 2013 lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email

Dalam mitologi Yunani, unicorn adalah hewan langka mirip kuda yang memiliki tanduk di bagian kepalanya. Istilah unicorn kemudian diambil untuk menggambarkan perusahaan startup yang nilai valuasinya mencapai 1 miliar dollar.

Perusahaan yang mencapai nilai valuasi sebesar itu sangat jarang terjadi (langka) bahkan terdengar mustahil. Terlebih lagi jika yang meraihnya adalah perusahaan perusahaan rintisan (startup).

Sri Mulyani: Yuk Bangkitkan Kembali Turisme dan Ekonomi Bali

Karena itu, menyandang status sebagai perusahaan startup unicorn adalah pencapaian luar biasa.

Tidak mudah bagi perusahaan startup dalam memerhatikan jumlah dan nominal transaksi, jumlah pengguna aplikasi atau pelanggan, teknologi produk, kualitas tim, hingga terus berinovasi untuk bersaing dengan kompetitor.

freepik.com/rawpixel.com Startup unicorn adalah perusahaan rintisan yang memiliki nilai valuasi mencapai 1 miliar dollar AS

Source :
money.kompas.com