Cara Membedakan Pinjol Legal dan Ilegal

Oleh: Zahra Fadhilah dan Ikko Anata

PINJAMAN (pinjol) merupakan inovasi kredit yang berbasis daring. Sebelum ada pinjol, masyarakat hanya bisa mengajukan pinjaman secara dengan mendatangi kantor cabang lembaga penyedia kredit, kemudian menemui petugas, dan mengisi formulir serta melampirkan dokumen persyaratan.

Namun dengan berkembangnya zaman dan teknologi, kini mengajukan pinjaman bisa Anda lakukan di rumah lalu limit kredit dapat cair dalam rekening pribadi.

Yang membuat banyak orang tergiur dengan pinjaman adalah persyaratannya yang lebih mudah dibandingkan pinjaman yang bersifat Saat mengajukan pinjaman kredit Anda harus mencantumkan slip gaji dengan minimum penghasilan tertentu.

Selain itu, kredit berbasis juga biasanya mensyaratkan adanya agunan dengan nilai lebih dari nominal yang Anda pinjam. Hal ini tentu menyulitkan Anda jika tidak mempunyai jaminan yang cukup, tetapi memerlukan bantuan finansial.

Dilansir dari laman Cekaja, layanan pinjaman mulai berkembang di Indonesia sejak 2016. Pada saat itu, layanan pinjaman lebih sering digunakan untuk membantu UMKM atau usaha mikro, kecil, dan menengah lokal.

Hal tersebut dikarenakan pinjaman online memudahkan UMKM dalam membuat bisnis maupun mengembangkan bisnis tanpa adanya jaminan. Syaratnya yang mudah mempercepat UMKM dalam mendapatkan pinjaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email

Jenis-jenis pinjaman

Pinjaman dibagi menjadi tiga, yaitu dana tunai, cicilan tanpa kartu kredit, dan dana usaha.

1. Pinjaman dana tunai

Kredit yang menawarkan dana tunai yang langsung cair ke rekening bank pribadi tanpa jaminan dan dapat digunakan untuk segala kebutuhan.

Prosesnya cepat dan mudah, Anda bisa mengajukannya secara melalui aplikasi dengan persetujuan yang membutuhkan waktu 24 jam.

Source :
money.kompas.com