Hati-hati Customer Care Palsu di Dunia Maya, Jangan Sampai Hal Ini Menimpa Kamu!

JAKARTA, - Kewaspadaan di dunia maya harus selalu tinggi, apalagi bila menyangkut uang. Lengah sedikit, uang pun bisa raib.

Seperti yang terjadi pada seorang nasabah bank BUMN yang mengaku ditipu oleh akun twitter abal-abal. Dia pun harus kehilangan dana hingga Rp 99 juta.

Korban menceritakan kisahnya melalui Twitter. Hingga artikel ini dibuat, cuitannya sudah disukai 4.714 orang dan lebih dari 20.000 pengguna.

"Kemarin aku kena penipuan dan pembobolan rekening Mandiri, total kerugianku mencapai kurleb (kurang lebih) Rp 99 juta," tulis korban, @twingkletaekook, dikutip , Selasa (8/3/2022).

Cerita YS Tertipu Sales di Diler Honda, Tak Curiga Transfer Uang karena Pelaku Punya ID Card, Beri Bukti SPK dan Kuitansi

Dia menceritakan, dirinya baru menjadi korban penipu Logam Mulia (LM) 10 gram. Lalu, korban membuat laporan via Flip melalui email. Karena tidak mendapat jawaban, korban pun mencuit dan mention Flip melalui Twitter, yang dibalas oleh customer care palsu mengatasnamakan Flip.

Layanan pengaduan palsu tersebut meminta korban menghubungi via WhatsApp. Setelah dihubungi, orang yang mengaku customer care Flip itu meminta korban mengisi link Mandiri Care karena korban mentransfer dana dari Bank Mandiri.

"Saya agak juga, kenapa ya saya disuruh isi itu. Dan saya kirimkan foto kepolisian dan KTP juga. Terus kemudian saya mencari lah mandiri care via twt," beber korban.

Setelah mencari akun Mandiri Care via Twitter, korban kemudian menghubungi pihak Mandiri Care, yang lagi-lagi adalah penipu mengatasnamakan Mandiri Care. Penipu itu kemudian meminta korban mengklik sebuah link dan mengisi data yang dibutuhkan.

Singkat cerita, aplikasi Livin by Mandiri miliknya beralih ke penipu tersebut. Akhirnya korban mengalami kerugian hingga Rp 99 juta.

Menanggapi hal ini, korban langsung melapor ke Bank Mandiri dan memblokir semua rekening maupun kartu kredit Bank Mandiri. Keesokan harinya, korban mendatangi Polres setempat untuk melapor kejadian yang menimpanya.

Source :
money.kompas.com