Ingin Merdeka Finansial, Perhatikan 5 Hal Ini

2 months ago
Posted by news
24 views
Ingin Merdeka Finansial, Perhatikan 5 Hal Ini


NEW YORK, - Anda generasi milenial atau Gen Z yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan tentu ingin mencapai kondisi merdeka secara finansial. Akan tetapi, kemerdekaan finansial dipandang tidak mudah dicapai.

Pun ada banyak mitos soal perencanaan keuangan. Akibatnya, kita seringkali menerima saran dari sumber yang benar maupun ternyata cuma mitos.

Dilansir dari , Rabu (29/5/2019), Anda bisa mencapai kemerdekaan secara finansial. Namun, ada 5 hal ini yang perlu Anda perhatikan.

1. Penghasilan bukan kekayaan

Banyak orang meyakini kunci dari kekayaan adalah pekerjaan dengan gaji tinggi. Ya, memang akan lebih mudah memupuk aset apabila Anda memiliki penghasilan yang tinggi tiap bulannya.

Namun, ternyata kunci untuk meningkatkan kekayaan adalah belanja lebih sedikit dari penghasilan Anda. Faktanya, kebiasaan belanja adalah penyebab mereka yang memiliki penghasilan tinggi dengan mudahnya bangkrut.

Agar lepas dari jebakan belanja, Anda perlu pahami bahwa penghasilan bukan kekayaan jangka panjang. Penghasilan memang komponen kekayaan, namun kekayaan memiliki definisi yang beragam.

2. Berpikir jangka panjang

Berpikir jangka panjang adalah karakteristik penting dalam mengakumulasi kekayaan dan mencapai kemerdekaan finansial. Ada banyak pertimbangan terkait kekayaan jangka panjang dan berbeda-beda pada masing-masing orang.

Berpikir jangka panjang akan membantu Anda memastikan keamanan pekerjaan, mengambil inisiatif untuk memperoleh promosi jabatan, atau mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar bisa memperoleh komisi atau penjualan lebih tinggi. Cara-cara ini bisa menjadi faktor pengungkit kekayaan dan membantu Anda mengurangi kecemasan terkait kemerdekaan finansial.

Pekerjaan sampingan atau investasi juga bisa menjadi langkah jangka panjang Anda dalam memupuk kekayaan.

3. Mencapai tujuan keuangan

Source :
money.kompas.com