Mengenal Rekening Dana Nasabah dan Fungsinya bagi Investor

Mengenal Rekening Dana Nasabah dan Fungsinya bagi Investor

JAKARTA, – Para investor di pasar modal pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah rekening dana nasabah atau RDN. Kehadiran rekening dana nasabah sangat penting bagi para investor. Lantas, apa itu RDN?

Sederhananya, rekening dana nasabah adalah rekening atas nama nasabah untuk transaksi jual beli saham atau instrumen investasi lain di pasar modal. Terkadang, rekening dana nasabah juga biasa disebut rekening dana investor (RDI).

Pengertian rekening dana nasabah

Dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), rekening dana nasabah adalah rekening dana atas nama nasabah di Bank RDN. Bank ini ditunjuk oleh Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, yang diadministrasikan oleh Perantara Pedagang Efek berdasarkan kuasa atau instruksi dari nasabah.

Menkop UKM: Solo Technopark Bisa Jadi Silicon Valley Indonesia

Dalam arti lain, rekening dana nasabah adalah rekening yang wajib dimiliki oleh nasabah perorangan maupun perusahaan untuk keperluan penyelesaian transaksi efek yang dilakukan.

Pada dasarnya, rekening dana nasabah adalah sama dengan rekening bank secara umum. Hal yang membedakan dari rekening dana nasabah adalah tidak memiliki buku tabungan atau kartu, layaknya rekening bank biasa. Nasabah juga tidak diberikan cek, giro dan letter of authorization setelah membuat RDN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email

PIXABAY/SERGEITOKMAKOV rekening dana nadabah adalah rekening dan yang digunakan untuk transaksi di pasar modal

Fungsi rekening dana nasabah

Secara fungsi, rekening dana nasabah adalah digunakan sebagai rekening penampungan dana dalam transaksi jual beli di pasar modal. Para investor dapat memantau saldo pada rekening dana nasabah setiap saat. Pencatatan dana nasabah di Bank terpisah dengan pencatatan dana di Perusahaan Efek.

10 Daerah dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di Indonesia

Di antara bank yang menerbitkan rekening dana nasabah adalah PT Bank Central Asia Tbk atau Bank BCA dan PT Bank Permata, Tbk (PermataBank).

Baik Bank BCA maupun PermataBank, pengguna rekening dana nasabah tidak diharuskan melakukan setoran awal. Rekening dana nasabah juga tidak dapat ditutup otomatis.

Source :
money.kompas.com