Mengenal Uang Fiat dan Plus Minusnya

Mengenal Uang Fiat dan Plus Minusnya

JAKARTA, – Uang fiat adalah standar mata uang yang saat ini digunakan olah hampir semua negara di dunia.Uang fiat adalah suatu alat pembayaran sah yang dikeluarkan oleh pemerintah dan didalamnya tidak memiliki nilai intrinsik.

Uang fiat itu apa?

Dilansir dari , pengertian uang fiat adalah mata uang yang peredarannya tidak didukung oleh komoditas fisik, seperti emas atau perak. Namun pemerintah tetap menerbitkannya.

Dulu, suatu negara jika hendak mencetak uang harus mensyaratkan adanya cadangan emas di bank sentral.

Sedangkan uang fiat itu bisa langsung cetak tanpa perlu menggunakan jaminan cadangan emas. Negara-negara sekarang pada umumnya sudah tidak menggunakan emas sebagai jaminan, tapi menggunakan uang fiat.

Nilai uang fiat adalah ditentukan oleh hubungan antara penawaran dan permintaan serta stabilitas pemerintah yang menerbitkannya. Bukan dari nilai komoditas yang mendukungnya.

Sebagian besar mata uang kertas modern adalah mata uang fiat. Contoh uang fiat adalah rupiah, dollar AS, euro, dan mata uang Negara lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email

BI Proyeksi Inflasi Capai 1,55 Persen pada 2021

Uang fiat adalah bersifat sentralisasi atau terpusat. Karena itu, uang fiat adalah mata uang yang secara resmi dikeluarkan oleh bank sentral seperti uang fisik kertas dan koin.

Selain dapat digunakan sebagai alat tukar untuk suatu transaksi, peran uang fiat adalah sebagai penyimpan nilai, alat tukar, dan satuan hitung.

PIXABAY Uang fiat adalah mata uang yang dikeluarkan bank sentral tanpa menggunakan cadangan emas sebagai jaminan

Nilai mata uang fiat adalah dapat mengalami kenaikan ataupun penurunan jika terjadi inflasi atau deflasi.

Source :
money.kompas.com