Simak, Ini Pentingnya Gunakan Asuransi Kendaraan Kala Mudik

2 months ago
Posted by news
32 views
Simak, Ini Pentingnya Gunakan Asuransi Kendaraan Kala Mudik


JAKARTA, - Sebelum memulai perjalanan mudik, banyak orang yang mempersiapkan diri mulai dari biaya mudik, menjaga kesehatan, hingga oleh-oleh. Namun diantara persiapan tersebut, tidak banyak yang mempersiapkan asuransi. Padahal asuransi, terutama asuransi kendaraan sangat penting dalam perjalanan mudik.

Chief Executive Officer Adira Insurance Julian Noor menjelaskan, ada beberapa manfaat dari asuransi kendaraan selama mudik. Di antaranya yaitu, mengurangi biaya tambahan karena tidak perlu membuat anggaran tambahan atas kemungkinan risiko yang timbul selama perjalanan.

"Risiko yang kemungkinan terjadi selama mudik bisa diminimalisir dengan perlindungan asuransi, Anda sudah membayarkan premi setiap bulan atau tahunnya untuk menjaga kendaraan tersebut. Jadi tidak perlu menyiapkan dana tambahan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada kendaraan," ujar Julian dalam keterangan tertulis, Rabu (29/5/2019).

Ingin Mudik Lancar, Simak 7 Tips dari Polri

Selain itu, dengan memiliki asuransi kendaraan, penanganagan ketika mengalami masalah ketika mudik akan lebih mudah. Nasabah bisa menghubungi layanan bantuan yang tersedia di perusahaan asuransi jika kendaraan yang digunakan mengalami masalah.

Penyebab lain pentingnya memiliki asuransi kendaraan selama mudik adalah karena tingkat kerusakan kendaraan yang tinggi. Pasalnya, perjalanan mudik biasanya menempuh jarak yang cukup jauh dan kerusakaan kendaraan tidak dapat diprediksi.

Selain itu, asuransi kendaraan juga diperlukan lantaran perjalanan mudik rawan kecelakaan.

Julian mengatakan, volume kendaraan menjelang mudik biasanya meningkat sehingga membuat jalanan semakin padat dan tingkat kecelakaan meningkat. Kementerian Perhubungan mencatat, kasus

kecelakaan di jalur darat mencapai 1.289 kasus pada 2016 lalu.

Tingginya tingkat kehilangan kendaraan selama perjalanan mudik juga menjadi penyebab seseorang dianjurkan memiliki asuransi kendaraan. Kendaraan bermotor menjadi salah satu barang yang kerap hilang karena nilai jualnya yang cukup tinggi. Pencuri umumnya mengincar mobil atau motor yang kurang pengawasan dari pemiliknya untuk dicuri.

" Asuransi bisa menjadi jawaban dari risiko ini karena dalam asuransi sudah ada perlindungan untuk kehilangan yang lebih dikenal dengan perlindungan Total Loss Only (TLO) yang melindungi kendaraan

yang dibawa mudik maupun yang ditinggal di rumah selama mudik," jelas Julian.

Source :
money.kompas.com