Stres Kelola Keuangan, Mulailah dari Beberapa Hal Sederhana Ini

10 days ago
Posted by news
71 views
Stres Kelola Keuangan, Mulailah dari Beberapa Hal Sederhana Ini


JAKARTA, - Seringkali kita takut dan merasa stres dalam mengelola keuangan.

Tenang, jangan merasa kewalahan. Sekarang mulailah ambil beberapa langkah sederhana yang akan membantu mengendalikan diri, dan yang lebih penting, berpikir dengan jernih.

Berikut ini sejumlah langkah sederhana yang dapat Anda lakukan agar tidak stres dalam mengelola keuangan, seperti dikutip dari , Kamis (4/7/2019).

1. Lihat daftar keuangan Anda

Mulai buat daftar pertanyaan, apakah Anda sudah bertanggung jawab atas keuangan Anda. Pertanyaannya bisa seperti, "Apakah saya sering menghabiskan uang secara berlebihan?" atau "Apakah saya sudah punya cukup tabungan untuk pengeluaran yang tidak terduga (seperti biaya rumah sakit, kecelakaan, dan lainnya)?" maupun "Apakah saya sudah merasa cukup hidup dari gaji saja?".

Jujurlah dengan diri sendiri, lihat kelemahan Anda. Mungkin Anda sudah salah langkah, tetapi tidak ada kata terlambat, kita bisa bangun dan ambil langkah lain untuk membangun keuangan kita.

5 Cara Menjaga Keuangan Tahunan Agar Tidak Jebol

2. Buatlah daftar rencana pengelolaan uang

Beberapa langkah-langkah ini akan membantu daftar rencana pengelolaan uang Anda. , mulailah dengan anggaran.

Pilih sistem penganggaran. Misalkan, rencana anggaran 50/30/20, mengalokasikan uang untuk keinginan, kebutuhan dan tabungan serta pembayaran utang. Namun, tidak hanya itu, ada banyak opsi penganggaran lainnya yang bisa dipilih.

, lacak pengeluaran Anda. Akhir ini banyak orang yang tidak memperhatikan keseimbangan pengeluaran dan pemasukan mereka. Perhatikan pemasukan dan pengeluaran Anda, cermati mana yang harus dikurangi.

, temukan cara untuk menabung. Setelah melihat ke mana uang Anda pergi, maka selanjutnya anda mulai memikirkan cara atau sistem yang tepat untuk menabung.

Menabung Bertahun-tahun tapi Tak Ada Hasil? Mungkin Ini Penyebabnya

, pisahkan rekening untuk pengeluaran dan tabungan. Pisahkan antara uang untuk pembayaran tagihan dan pengeluaran yang sudah dianggarkan dari dana darurat Anda.

Source :
money.kompas.com