Tips Buka Usaha dengan Modal Kecil

JAKARTA, - Menjadi pengusaha adalah cita-cita banyak orang. Namun salah satu masalah yang sering dijumpai adalah tidak memiliki modal yang besar.

Founder & COO of PALA Nusantara Ilham Pinastiko mengatakan, sebenarnya kunci dari membuka usaha dengan modal kecil adalah kemauan dan bisa memanfaatkan digital.

Apalagi kata dia, saat ini ada perilaku masyarakat yang berubah dalam berbelanja.

"Sekarang beli lampu misalnya, masyarakat berpikir pasti daripada harus ke toko atau ke mal mending lewat saja. Barang dipesan sampai langsung ke rumah tanpa harus ke luar," ujar Ilham dalam Ngulik Bisnis Bareng Blibli yang disiarkan secara virtual oleh Harian Kompas, Senin (13/9/2021).

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan bagi Pekerja Informal

Ilham mengatakan, menjadi juga menjadi pilihan yang tepat jika memang ingin menjadi pengusaha tapi memiliki modal yang terbatas.

Sebab, menurut Ilham, menjadi tidak perlu memiliki merek yang besar, tidak perlu waktu yang banyak untuk mengurus pengemasan dan tidak perlu menjadi .

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email

"Ya sudah tinggal gabung di saja, jadi itu gampang. Enggak perlu modal yang besar juga, hanya perlu kuota saja, jual sana-sini, dah dapat itu omzet," jelas Ilham.

Walau demikian Ilham mengingatkan, memulai bisnis atau usaha harus berlandaskan keyakinan dalam diri, bukan hanya sekadar coba-coba.

"Karena kalau dari hati kita mulainya, itu enak banget. Enggak ada rasa beban buat menjalaninya," kata Ilham.

Jejak Sejarah Ikan Asin di Indonesia, Komoditas di Pasar Mataram Kuno

Source :
money.kompas.com