Warung Pintar Targetkan Punya 5.000 Kios hingga Akhir 2019

4 months ago
Posted by news
48 views
Warung Pintar Targetkan Punya 5.000 Kios hingga Akhir 2019


JAKARTA, - Perusahaan teknologi penyedia jaringan Warung Pintar menargetkan terus menambah jumlah kiosnya. Hingga akhir tahun 2019, Warung Pintar menargetkan 5.000 kios yang tersebar di Jawa.

Warung Pintar didirikan pada 11 November 2017 oleh Willson Cuaca (Chairman & Co-founder) bersama Agung Bezharie Hadinegoro (CEO & Co-founder), Harya Putra (COO & Co-founder) dan Sofian Hadiwijaya (CTO & Co-founder). Mereka memiliki misi mentransformasikan usaha mikro sebagai masa depan ekonomi.

Sofian Hadiwijaya CTO & Co-founder Warung Pintar menjelaskan, Warung Pintar menjadi jawaban untuk bisnis mikro di Indonesia dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam warung tradisional. Ini memungkinkan pemilik warung menggunakan teknologi digital guna meningkatkan kapabilitas bisnis warungnya.

Warung Pintar, Kios Masa Kini yang Pakai Software PoS dan Akuntansi

“Pengembangan warung ini melalui modifikasi pengelolaan warung dengan tiga landasan utama yaitu teknologi internet of things (IoT), analisis big data, dan blockchain. Sehingga dengan memberi akses teknologi kepada para pemilik warung, mereka menjadi punya kesempatan lebih besar untuk mengembangkan bisnis,” ungkap Sofian dalam pernyataannya, Sabtu (1/6/2019).

Mereka yang bermitra dengan Warung Pintar akan didukung dengan teknologi dan sistem digital pada setiap rantai bisnisnya. Mulai dari tahap pembelian barang, penjualan, hingga pengawasan warung akan dipandu dengan sistem digital.

Teknologi yang diberikan mendukung seluruh proses bisnis untuk warung tradisional, berupa aplikasi pengadaan yang terhubung ke layanan distribusi milik perusahaan, warung atau kios siap pakai yang dilengkapi dengan wi-fi, televisi, lemari es, dan tempat pengisian baterai ponsel, sistem point-of-sale (PoS) untuk mencatat transaksi bisnis, serta dasbor untuk mempelajari pertumbuhan bisnis dan memahami kebutuhan pelanggan.

Mengangkat Derajat Warung Kelontong di Era Serba Online

“Kami menggunakan cloud untuk menjalankan infrastruktur backend di Amazon Web Services (AWS) Cloud. Dengan dukungan dari AWS Solution Architects, Warung Pintar dapat membangun infrastruktur cloud dalam waktu sehari. Warung Pintar menggunakan layanan AWS untuk menjawab kebutuhan dalam capturing data proses bisnis di warung.,” kata Sofian.

Warung Pintar yang dimulai dengan hanya dua warung pada Januari 2018 kini telah memiliki jaringan mitra lebih dari 2.000 warung di sekitar Jabodetabek dan Banyuwangi.

Ini 3 Sebab Warung dan Pasar Tradisional Tidak Berkembang

"Warung Pintar akan terus berinovasi untuk menciptakan lebih banyak produk yang bisa meningkatkan kemampuan bisnis pemilik kios," ungkap Sofian.

Sampai saat ini, Warung Pintar telah mendapatkan pendanaan senilai lebih dari 35,5 juta dollar AS dari para investor yang sudah berpartisipasi, antara lain SMDV, Vertex Ventures, Pavilion Capital, LINE Ventures, Digital Garasi, Agaeti, Triputra, Jerry Ng, dan EV Growth serta OVO sebagai calon pendana baru.

Source :
money.kompas.com