Bahaya, Jangan Berenang Saat Diare

6 days ago
Posted by news
18 views
Bahaya, Jangan Berenang Saat Diare



Jakarta - Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat memberikan imbauan penting namun kocak. Imbauan tersebut berisi larangan untuk berenang di kolam renang jika seseorang mengalami diare.

Rupanya, ada alasan penting mengapa CDC sampai mengeluarkan imbauan seperti ini. Disebutkan bahwa seseorang yang diare bisa menularkan kuman pada orang lain di kolam renang yang sama.



"Dalam kurun waktu tahun 2000 hingga 2014, 8 orang meninggal, dan lebih dari 30.000 mengalami sakit karena infeksi parasit cryptosporidium yang ditularkan oleh pasien diare di kolam renang," ungkap Michele Hlavsa dari Healthy Swimming Program CDC dalam laporannya, dikutip dari Daily Mail.

Cryptosporidium merupakan parasit yang biasa ditemukan pada kotoran manusia. Jika seseorang mengalami diare, dan ada sebagian kotorannya yang terpapar di kolam renang, maka orang yang menggunakan kolam renang yang sama berisiko terinfeksi.

Celakanya, parasit crypto bisa bertahan dengan baik di kolam renang yang mengandung klorin. Satu-satunya pencegahan adalah dengan memastikan kolam renang tidak terpapar oleh parasit crypto, terutama dari orang yang sedang mengalami diare.

"Tertelan sedikit saja, air yang mengandung parasit crypto bisa membuat orang dewasa dan anak-anak yang sehat sakit selama seminggu. Sakitnya pun beragam, mulai daria diare, sakit perut, mual hingga muntah-muntah," tambah Hlavsa lagi.

Selain parasit crypto, bakteri legionella dan pseudomona juga merupakan penyebab sakit perut dan diare usai berenang. Legionella bisa menyebabkan komplikasi cukup parah, yakni pneumonia. Sementara paparan pseudomona bisa menyebabkan bercak merah hingga gangguan pendengaran.

(mrs/up)








Source :
health.detik.com