Hii! Wanita Ini Tuli karena Kotoran Telinganya Menyumbat Pendengaran

6 days ago
Posted by news
28 views
Hii! Wanita Ini Tuli karena Kotoran Telinganya Menyumbat Pendengaran



Jakarta - Apa jadinya jika kotoran telinga menyumbat hingga bertahun-tahun? Seorang wanita dari Inggris mengalaminya, dan harus menjadi tuli sementara.

Neel Raithatha, youtuber sekaligus pakar kesehatan telinga dari The Hear Clinic, mengungkapkan kasus masalah pendengaran terbaru yang ditanganinya. Seorang wanita yang tak disebutkan namanya harus kehilangan pendengaran akibat kotoran telinga yang menumpuk selama bertahun-tahun.


"Wanita ini mengalami infeksi jamur otomikosis yang terjadi ketika kotoran telinga yang tersumbat bercampur dengan serpihan kulit mati. Ia juga mengalami otitis externa yang menyerang kanal telinga dan gendang telinganya," ungkap Neel, dikutip dari .

Neel menyebut butuh waktu 10 menit baginya untuk mengeluarkan seluruh kotoran telinga yang menumpuk. Dengan bantuan kamera endoskopi, ia memperlihatkan bagaimana kotoran telinga menutupi seluruh saluran pendengaran wanita tersebut.

Terlebih, wanita ini juga menggunakan alat bantu dengar. Neel menduga penggunaan alat bantu dengar yang tak sesuai menjadikan kotoran telinga menumpuk dan menyebabkan ketulian.

"Tentu saja masalah seperti ini tak bisa diselesaikan sendiri. Butuh bantuan ahli untuk mengorek kotoran telinga keluar dan wanita ini kembali mendengar," tambahnya.

Meski sudah bersih dari kotoran telinga, sang pasien wanita tetap dirujuk ke dokter spesialis THT untuk menangani infeksi yang dialaminya.



Neel pun mengupload video pembersihan telinga tersebut di Youtube. Peringatan, bagi yang punya perut lemah dan tak kuat, sebaiknya tidak menonton video yang bikin geli ini.

(mrs/up)








Source :
health.detik.com