Lutut Berbunyi Saat Digerakkan, Mengapa Ya Dok?

4 years ago
Posted by news
3,733 views
Lutut Berbunyi Saat Digerakkan, Mengapa Ya Dok?




Jakarta,Pada kedua kaki saya baik itu kaki kiri maupun kaki kanan di bagian lutut sering berbunyi, saya merasa ada yang aneh di setiap aktivitas selalu seperti itu. Ketika kita berdiri dan ingin jongkok selalu bunyi. Kaki ini jika diluruskan sakit.

Saya secara pribadi sudah mencoba mengonsumsi berbagai jenis obat tapi tidak ada efek. Banyak orang yang menyatakan bahwa pelumas di lutut sudah habis, harap diberi saran dan jalan keluar ya Dok, hal ini sangat mengganggu saya.

Asall (Pria, 26 tahun)
[email protected]
Tinggi 170 cm, berat 55 kg

Jawaban

Menimbang usia Anda yang masih muda, kecil kemungkinan pelumas lutut sudah berkurang. Bunyi yang timbul (biasanya saat ditekuk atau diluruskan), timbul akibat pergerakan cairan sendi di dalam sendi disertai snapping dari ligamen. Masalah bunyi ini sebetulnya normal saja.

Mengenai nyeri di lutut pun banyak sumbernya, bisa dari tulang, sendi, maupun jaringan lunak. Sementara masih nyeri, kurangi dulu aktivitas Anda, kemudian lakukan peregangan untuk kedua lutut sebelum melakukan aktivitas. Apabila masih terasa mengganggu, silakan temui dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan rontgen/MRI bila diperlukan.

Dr. Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161

(hrn/up)

Source :
health.detik.com