Waduh! Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Makan Terlalu Sedikit Demi Kurus (2)

3 months ago
Posted by news
55 views
Waduh! Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Makan Terlalu Sedikit Demi Kurus (2)


Jakarta - Aktif melakukan olahraga dan hati-hati dalam memilih asupan makanan yang sehat tengah menjadi tren saat ini. Hal ini dikarenakan standar tubuh ideal berubah seiring berkembangnya zaman. Pinggang kecil dan bokong bekar seperti Kylie Jenner dijadikan tolok ukur tubuh wanita yang sempurna.

Namun, di sisi lain kegigihan untuk mendapat tubuh yang ideal terlampau ekstrem, seperti mengurangi jumlah asupan makanan keseharian. Bukannya langsing, melainkan malah menyiksa diri.

Dikutip dari , berikut akibat yang dirasakan secara psikis maupun biologis apabila Anda mengurangi asupan makanan demi mendapatkan tubuh yang kurus:

1. Iritabilitas
Jika Anda merasa kesal, murung dan marah tetapi tidak ada alasan yang jelas atas perubahan suasana hati tersebut, bisa jadi tubuh Anda menuntut Anda untuk makan lebih banyak.

Hanya makan beberapa makanan bergizi atau makanan ringan, seperti kacang atau almond bisa membuat marah Anda lekas hilang. Solusinya, selalu bawa dan makan kudapan sehat di dalam tas jika Anda merasa lapar secara tiba-tiba.

2. Selalu merasa kedinginan
Apakah Anda merasa kedinginan meskipun bukan musim dingin? Ini adalah indikator lain bahwa Anda tidak mendapatkan jumlah makanan yang mencukupi. Dan ini cukup logis karena organisme Anda perlu membakar sejumlah kalori untuk menghasilkan panas dan menjaga suhu tubuh Anda tetap sehat dan nyaman.

Kenyataannya, kekurangan kalori sekecil apapun dapat mempengaruhi suhu tubuh Anda. Jika tak ingin seperti ini ketika Anda benar-benar menggigil kedinginan, maka Anda perlu makan lebih banyak.

3. Konstipasi
Jika Anda kerap bolak-balik ke toilet dalam beberapa hari belakangan, maka artinya Anda mengalami konstipasi. Dan ini bisa jadi terkait dengan kekurangan makanan dan jumlah serat yang sedikit. Kecuali Anda memutuskan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan bergizi.

Masalah-masalah ini tidak hanya menyangkut orang tua saja. Jika Anda masih muda tetapi makan terlalu sedikit makanan, maka metabolisme Anda mungkin juga lebih lambat. Jika Anda tidak ingin mengalaminya, ubahlah kebiasaan Anda.

4. Ketakutan
Menurut penelitian yang melibatkan 2500 remaja Australia, 62 persen dari mereka diklasifikasikan sebagai 'kurang gizi' dan mereka juga mengakui bahwa mereka cenderung depresi dan takut.

Kecemasan seperti itu juga dialami oleh peserta obesitas yang tiba-tiba mengubah pola makannya dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori. Terkadang makan lebih banyak asal bergizi, baik untuk kesehatan.

Source :
health.detik.com