China Kerahkan Pemain Andalan di Thomas dan Uber Cup

5 months ago
Posted by news
65 views
China Kerahkan Pemain Andalan di Thomas dan Uber Cup


China berharap bisa menyapu bersih Piala Thomas dan Piala Uber akhir pekan ini dengan mengerahkan sejumlah pebulu tangkis terkuatnya. Chen Long, Shi Yuqui dan Lin Dan akan memperkuat tim China yang mengincar kemenangan untuk keempat kali, AFP melaporkan.

Kejuaraan bulu tangkis prestisius yang berlangsung dua tahun sekali itu akan dimulai Minggu (20/5) di Bangkok. Sebanyak 16 tim bulu tangkis papan atas dari lima benua akan berlaga dalam kompetisi sengit yang berlangsung seminggu memperebutkan Piala Thomas untuk tim putra dan Piala Uber untuk tim putri.

Tim China, yang saat ini tim nomor satu dunia, berusaha membuktikan bisa merebut kembali Piala Thomas setelah kalah secara memalukan di perempat final dua tahun lalu yang berlangsung di kandang sendiri.

Juara Olimpiade, Chen Long, akan didampingi oleh juara All England tahun ini Shi Yuqui dan Lin Dan.

Ditambah dengan pemain ganda yang kuat, China bisa mulus melewati kualifikasi grup bersama Perancis, Australia dan India, yang tidak mengikutsertakan beberapa pemain bintang untuk persiapan Asian Games.

“Tim putra China kuat tahun ini…semua orang akan berdoa supaya bisa terhindar dari mereka,” kata Rajes Paul, wartawan dan pakar badminton dari koran The Star di Malaysia, seperti dikutip AFP.

Tim Jepang tampaknya akan menjadi penantang utama tim China, kata Rajes. Pebulu tangkis Jepang, Kento Momota, yang sempat dilarang bertanding di Olimpiade Rio de Janeiro, akan kembali memperkuat tim, katanya.

Sementara untuk tim putri, upaya China untuk mempertahankan Piala Uber mendapat dorongan dengan kembalinya Liu Xuerui setelah cuti karena cedera panjang. Liu Xuerui adalah mantan pebulu tangkis nomor satu dunia dan pemenang medali emas Olimpiade London 2012.

China hanya sekali gagal merebut Piala Uber dalam 10 kali turnamen, yaitu pada 2010, pada saat kalah dari Korea Selatan. Dan sekarang, tim yang berisi pemain muda membawa harapan tinggi di Bangkok. [ft/au]

Source :
www.voaindonesia.com