Oposisi Pakistan Protes Kecurangan dalam Pemilu Bulan Lalu

2 months ago
Posted by news
129 views
Oposisi Pakistan Protes Kecurangan dalam Pemilu Bulan Lalu


Partai-partai oposisi Pakistan berkumpul di Islamabad untuk memrotes apa yang mereka katakan, kecurangan dalam pemilihan bulan lalu.

Unjuk rasa hari Rabu (8/8) itu diserukan oleh Aliansi Pakistan untuk Pemilihan Bebas dan Adil, sebuah koalisi 11 partai yang dibentuk Jumat lalu.

Para pemimpin berbagai partai menuntut pejabat senior Komisi Pemilihan Pakistan agar mengundurkan diri karena gagal bersikap netral dalam pemungutan suara. Beberapa pemimpin juga menyalahkan campur tangan peradilan dan militer.

"Pengadilan dan militer telah menunjukkan bahwa mereka tidak netral," kata Fazl-ur-Rehman, seorang pemimpin MMA, sebuah aliansi partai-partai politik yang condong pada agama.

Berbagai protes yang lebih kecil juga diadakan di beberapa bagian provinsi Balochistan dan Khyber Pakhtunkhwa.

Demonstrasi di Islamabad gagal memobilisasi masa yang besar, karena pimpinan tertinggi dari dua partai besar, PPP dan PML-N tidak mau terlibat.

Ketua PML-N, Shehbaz Sharif, adik laki-laki mantan perdana menteri Nawaz Sharif yang digulingkan dan dipenjara, dikecam keras oleh media sosial karena menjauhkan diri dari protes. Ia dilaporkan tidak ikut karena cuaca buruk yang menghambatnya melakukan perjalanan dari Lahore. [ps/jm]

Source :
www.voaindonesia.com