Pakistan Bela Keputusan Izinkan Diplomat AS Tinggalkan Negara Itu

6 days ago
Posted by news
66 views
Pakistan Bela Keputusan Izinkan Diplomat AS Tinggalkan Negara Itu


Pakistan Kamis (17/5) menyatakan pembicaraan dengan Amerika Serikat masih berlanjut untuk menyelesaikan perselisihan diplomatik kedua negara itu baru-baru ini. Pakistan juga memberikan alasan bagi keputusan untuk mengizinkan seorang diplomat Amerika yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas yang fatal meninggalkan negara itu.

Kolonel Joseph Emanuel Hall, atase pertahanan di Kedutaan Amerika, menerobos lampu merah dan menewaskan seorang pengendara sepeda motor di Islamabad pada 7 April lalu.

Hall meninggalkan Pakistan hari Sabtu (12/5), sehari setelah pihak berwenang menghalanginya menaiki sebuah pesawat militer Amerika karena sednag menunggu investigasi kriminal terhadapnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Mohammad Faisal hari Kamis mengesampingkan kecaman bahwa Pakistan tunduk pada tekanan Amerika dan membiarkan seorang “pembunuh” meninggalkan negara itu.

Faisal menyatakan langkah tersebut bukanlah satu tindakan yang akan dibalas dengan tindakan lainnya. Hall diizinkan meninggalkan Pakistan karena para diplomat memiliki kekebalan dari proses hukum dan pengadilan.

Ia menambahkan bahwa keputusan itu diambil karena pengadilan Islamabad yang memeriksa keterlibatan Hall dalam kecelakaan lalu lintas itu telah menyerahkan kepada pemerintah untuk mengambil keputusan terkait kekebalan yang dimiliki Hall.

Kontroversi terkait diplomat Amerika itu mengobarkan ketegangan bilateral dalam bulan ketika Washington memberlakukan pembatasan perjalanan terhadap para diplomat Pakistan, yang mendorong Islamabad mengambil langkah-langkah serupa. [uh]

Source :
www.voaindonesia.com