Inggris Desak Penyelidikan Plot Israel

LONDON -- Isu untuk menjatuhkan politikus Inggris yang antipermukiman Yahudi merebak. Isu bermula ketika diplomat Israel Shai Masot mengatakan akan menurunkan Wakil Menteri Luar Negeri Inggris Sir Robert Duncan karena kritik Duncan terhadap kebijakan permukiman Israel di Tepi Barat.

"Tidak cukup baik bagi Departemen Luar Negeri untuk mengatakan masalah ini ditutup. Ini adalah masalah keamanan nasional. Pejabat kedutaan yang terlibat harus ditarik dan pemerintah harus memulai penyelidikan langsung," kata anggota senior Parlemen Inggris, Emily Thornberry, yang dikutip Aljazirah.

Komentar Masot, yang merupakan pejabat senior di Kedutaan Besar Israel di London, secara diam-diam terekam dalam investigasi Aljazirah. Unit Investigasi Aljazirah melakukan penyamaran selama enam bulan untuk mengungkap rencana diplomat Israel dan pejabat sipil Inggris yang ingin menghancurkan karier politisi senior Inggris.

Dalam rekaman tersebut, Masot sedang terlibat percakapan dengan Wakil Kepala Staf Parlemen Maria Strizzolo dan Wakil Ketua Partai Konservatif Robert Halfon. Strizzolo dan Halfon meminta Masot memberikan sejumlah nama anggota Parlemen yang ingin diturunkan dari jabatannya.

Masot lalu menyebutkan nama Sir Robert Duncan. Menurut dia, pada 2014 lalu Duncan mengatakan, permukiman Israel di Palestina telah menorehkan banyak noda di wajah perdamaian dunia.

Duncan juga menyamakan situasi di Hebron, Tepi Barat, dengan apartheid. Strizzolo kemudian mengisyaratkan kemungkinan Duncan diberhentikan dari jabatannya sebagai wakil menteri luar negeri Inggris.

Dalam percakapan lainnya dengan Strizzolo, Masot menyebut Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson sebagai seorang idiot yang tidak bertanggung jawab. Sementara, Strizzolo mengatakan, ia akan tetap mendukung Israel.

Sejak Unit Investigasi Aljazirah membongkar rekaman Masot, yang diikuti dengan pemberitaan media internasional, Kedutaan Besar Israel untuk Inggris menyatakan permintaan maaf. Dalam akun Twitter resminya, kedutaan menyatakan Masot akan mengakhiri masa jabatannya tak lama lagi.

Duta Besar Israel untuk Inggris Mark Regev juga dilaporkan telah meminta maaf kepada Duncan. Aljazirah juga melaporkan, Strizzolo telah mengundurkan diri dari jabatannya pada Ahad (8/1). Anggota Parlemen dari Partai Nasional Skotlandia, Alex Salmond, mendesak pemerintah agar segera mendeportasi Masot.

"Boris Johnson harus segera mencabut status diplomatik Masot dan mendeportasi dia dari Inggris. Dengan demikian, perwakilan Pemerintah Israel itu tidak akan menganggap Menteri Luar Negeri Inggris idiot," kata Salmond.

Salmond juga mendukung diadakannya penyelidikan resmi sehingga para pejabat Inggris dapat bebas melaksanakan tugas tanpa takut reputasi mereka tercoreng oleh seorang staf kedutaan.

Hasil investigasi /Aljazirah akan ditayangkan dalam acara The Lobby. Acara yang menguak operasi bawah tanah Israel di Inggris akan ditayangkan mulai 15 Januari. The Lobby akan dibagi empat episode hingga 18 Januari setiap pukul 22.30 GMT di Aljazirah. rep: Fira Nursya’bani, Lida Puspaningtyas, ed: Yeyen Rostiyani

Source :
www.republika.co.id